Sabtu, 01 April 2017

Gejala Asam Urat

Gejala Asam Urat - Penyakit asam urat atau gout adalah kondisi yang dapat menyebabkan gejala nyeri yang tidak tertahankan, pembengkakan, dan rasa panas di persendian. Meski semua sendi di tubuh bisa terkena asam urat, namun yang paling sering terserang adalah sendi jari tangan, lutut, pergelangan kaki, dan jari kaki.

obat asam urat di apotik, obat asam urat alami dari tumbuhan, obat medis asam urat, tanaman obat asam urat, obat asam urat dan kolesterol, makanan untuk penderita asam urat, makanan penyebab asam urat, bahaya asam urat
Sumber gambar : google.co.id

Laki-laki lebih rawan terkena penyakit asam urat dibandingkan dengan perempuan, terutama saat usia mereka di atas 30 tahun. Pada perempuan, penyakit ini biasanya berisiko timbul setelah menopause.

Orang yang terkena serangan penyakit asam urat biasanya akan merasakan perkembangan gejala yang cepat dalam beberapa jam pertama. Rasa sakit bisa berlangsung selama 3-10 hari. Pembengkakan tidak hanya terjadi di sendi, namun juga di daerah sekitar sendi disertai warna kulit yang memerah. Pada tahap ini, penderita dapat tidak mampu bergerak secara leluasa.

Di Indonesia, orang sering salah kaprah menyamakan penyakit asam urat (gout/pirai) dengan rematik. Padahal rematik adalah istilah umum yang dipakai untuk menggambarkan rasa sakit pada persendian atau otot yang mengalami peradangan. Penyakit asam urat (gout/pirai) hanya salah satu penyebab nyeri pada persendian. Mengenali gejala dan tanda pada gout dapat membantu seseorang membedakan dengan nyeri sendi yang disebabkan oleh kondisi lain.

Banyak orang mengira apabila kadar asam urat di dalam darah tinggi (hiperurisemia), maka akan terkena gout. Hal ini tidak benar, karena hanya sekitar 1/3 penderita hiperurisemia yang mengalami gout.

Gejala Asam Urat

Gejala gangguan asam urat diantaranya :

Daerah persendian terasa nyeri, ngilu, linu, kesemutan dan terjadi pembengkakan serta peradangan berwarna kemerahan.
Rasa nyeri pada sendi biasanya terjadi pada pagi hari saat bangun tidur maupun pada malam hari.
Rasa nyeri terjadi secara berulang-ulang
Pada kasus yang lebih parah, daerah persendian akan terasa sakit saak digunakan untuk bergerak.
Organ tubuh yang biasanya terserang adalah sendi jari kaki, jari tangan, lutut, tumit, pergelangan tangan, maupun siku.

Penyebab Asam Urat

Penyebab asam urat tinggi sebenarnya ada banyak, Seseorang yang memiliki tingkat asam urat yang tinggi dapat disebabkan ketika tubuh menghasilkan asam urat yang baik maupun ketidakmampuan organ ginjal untuk menghilangkan asam urat dengan cepat.

Tingkat asam urat tinggi dapat menyebabkan serangan semakin sering gout, atau mungkin tidak pernah menimbulkan masalah. Tingkat asam urat yang tinggi juga dapat menyebabkan beberapa orang untuk mengembangkan batu ginjal atau gagal ginjal. Dan beberapa orang dengan kadar asam urat tinggi juga mengalami tekanan darah tinggi, penyakit jantung atau penyakit ginjal kronis.

Faktor-faktor yang dapat menyebabkan kadar asam urat tinggi dalam darah Anda meliputi :

1. Jenis kelamin

Pria memiliki resiko lebih besar mengalami gejala serangan asam urat jika dibandingkan dengan wanita. Hal ini disebabkan karena hormon esterogen pada wanita mampu menurunkan kadar asam urat serta memperlancar pembuangannya melalui ginjal. Kadar asam urat di dalam tubuh pria meningkat selama masa puber.

2. Faktor usia

Sebagian besar gangguan asam urat terjadi pada orang-orang yang berusia antara 40 hingga 50 tahun. Pada wanita, penyakit ini umumnya terjadi setelah mengalami masa menopause.  Gangguan asam urat jarang terjadi pada anak-anak dan remaja.

3. Riwayat keluarga

Seseorang yang mengalami gangguan asam urat lebih memungkinkan mewariskan hal yang sama bagi keturunannya kelak.

4. Konsumsi obat – obatan


Beberapa jenis obat-obatan dipercaya mampu mengembangkan resiko gangguan asam urat, diantaranya :

Mengkonsumsi obat-obatan diuretik seperti thiazide yang biasanya digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi, gagal jantung kongestif, dan kondisi lain
Mengkonsumsi aspirin dengan dosis rendah setiap hari yang biasanya digunakan untuk mencegah serangan jantung dan stroke
Mengkonsumsi obat anti-penolakan seperti cyclosporine yang dikonsumsi setelah melakukan transplantasi organ untuk beberapa kondisi rematologi.
Mengkonsumsi levodopa yang biasa digunakan untuk mengobati penyakit Parkinson
Konsumsi niacin yang digunakan untuk meningkatkan high density lipoprotein (HDL) dalam darah.
5. Minum terlalu banyak alkohol

Mengkonsumsi minuman yang mengandung alkohol dengan dosis sedang hingga tinggi sebanyak dua gelas per hari untuk pria, atau satu gelas perhari untuk wanita, dapat meningkatkan potensi resiko asam urat. Konsumsi bir berpotensi tinggi meningkatkan resiko gangguan asam urat. Bahaya alkohol juga dapat menyebabkan penyakit paling mematikan di dunia seperti jantung dan kanker.

6. Diet

Mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan zat purin yang tinggi seperti : daging merah, jeroan (hati, ginjal), ikan kalengan, teri, ikan haring, asparagus, kembang kol, kacang, dan jamur dapat mengembangkan resiko gangguan asam urat. Baca : Makanan penyebab asam urat

7. Paparan timbal.

Paparan timbal dalam tingkat tinggi juga dipercaya dapat mengembangkan resiko gangguan asam urat.

8. Kondisi kesehatan lainnya

Seseorang yang memiliki gangguan kesehatan seperti obesitas, hipertensi (tekanan darah tinggi), diabetes, kolesterol yang tinggi, hypothyroidism (gangguan tiroid), psoriasis, anemia hemolitik, serta gangguan ginjal memungkinkan memiliki resiko lebih besar untuk terserang gangguan asam urat.

9. Konsumsi minuman yang terlalu manis

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa minuman ringan yang terlalu manis  atau pun minuman yang mengandung fruktosa tinggi dapat meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit asam urat. Fruktosa adalah zat gula alami yang ditemukan pada buah-buahan.

10. Mandi malam

Penyebab asam urat tinggi salah satunya adalah mandi malam. Dari jaman dahulu memang telah dipesan oleh orang tua agar jangan mandi terlalu malam, bahaya mandi malam memang ternyata dapat menyebabkan asam urat. Selain itu mandi malam dapat menyebabkan rematik dan berdampak pada berbagai gangguan metabolisme tubuh.

Terlepas dari faktor-faktor tersebut, beberapa orang yang memiliki kadar asam urat tinggi dalam darah mereka tidak ditemukan pembentukan kristal-kristal natrium urat pada persendian mereka.

Asam urat adalah produk hasil metabolisme senyawa yang disebut purin.
Karena itu, Dr John Briffa, dokter dan penulis A Good Look at Good Health, menyarankan Anda untuk menghindari risiko negatif asam urat dengan mengurangi konsumsi makanan yang mengandung purin seperti daging merah, jeroan, seafood, biji-bijian, lentil dan sayuran hijau tua.
Gula juga harus dihindari karena bisa menaikkan kadar asam urat.

Konsumsi buah dan sayur segar karena dapat menaikkan kadar alkalin tubuh, yang pada gilirannya daoat menetralisir efek asam urat.
Minumlah sedikitnya satu setengah liter air putih setiap hari untuk mempercepat metabolisme asam urat agar segera dibuang oleh tubuh.
Untuk penderita asam urat dioleskan di kedua nadi tangan, leher dan belakang lipatan kaki.
obat asam urat di apotik, obat asam urat alami dari tumbuhan, obat medis asam urat, tanaman obat asam urat, obat asam urat dan kolesterol, makanan untuk penderita asam urat, makanan penyebab asam urat, bahaya asam urat


Untuk pemesanan Firmax3 ada di halaman Pemesanan Firmax3

Gejala Asam Urat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dindin Hermawan

1 komentar: